Jumat, 21 Januari 2011

Beberapa makanan dan minuman yang membuat otak fit

hi semua, gimana kabar kalian?? pasti baik dong. nah sekarang ini gw mau ngomongin kuliner-kuliner nih.

ett..ett yang cewek-cewek jangan takut gemuk dulu gara-gara gw ngomongin kuliner. yang satu ini gw mau ngomongin MAKANAN DAN MINUMAN YANG BISA MUAT OTAK KITA FIT.

ada beberapa nutrisi untuk otak kita agar otak kita bisa mood dalam belajar. nah ini dia makanan-makanan yang siap buat kita santap sebelum sekolah atau belajar...

1.Sereal
makanan ini mempunyai banyak serat sehingga membuat kita lebih semangat menghadapi tantangan sehari-hari termaksud tugas-tugas yang menumpuk.

tips: cari sereal yang banyak serat nya, karena kadang ada sereal yang kebanyakan gula, tetapi seratnya dikit. kan kita udah manis, ngapain banyak-banyakin gula.


2.Telur
telur mengandung protein, seng, vitamin A (untuk penglihatan), vitamin D (untuk pertumbuhan tulang), vitamin E (untuk mencegah penyakit), dan vitamin B12 (untuk membentuk sel darah merah).Kuning telur mengandung lecithin yang sangat baik buat daya ingat otak. jadi kalau mau ujian makan telur saja.. hehe

tips: kalau ini digoreng, lebih baik gunakan mentega, kalau pakai minyak takutnya meningkatkan daya kolestrol kita. pas juga nih buat temennya nasi goreng.


3.buah-buahan
tahu sendiri kan kalau buah-buahan banyak macamnya. ada yang mengandung vitamin C, vitamin A, serat dan masih banyak lagi.

Tips:pilih buah-buahan segar yang ada di supermarket. kalau bisa jangan buah kaleng, bisa-bisa ada pengawetnya lagi. jadi temennya ice cream dan yoghurt juga bisa.


2.Ikan
hmm, gw sebenarnya bukan termaksud sama orang yang suka sama ikan. tetapi gw suka banget sama sushi guys (aneh ya gw, malah suka yang mentah -__-). tetapi karena ikan itu banyak sekali proteinnya, maka ikan ini pas banget buat kekuatan otak kita

tips: kalau emang gak suka ikan, jadiin sushi deh. atau gak dijadiin steak aja. soalnya gw pernah makan steak salmon dan itu rasanya enaaak banget. hehehe :D


3.Keju
nah ini nih keju yang banyak disukain oleh para anak-anak jaman sekarang. yaiyalah, setiap gw kalau beli roti, pelanggan sebelah minta rasa keju, gw beli cake, pelanggan sebelah minta chesse cake. malahan ada kan sekarang susu rasa keju.. -_______- tetapi kalau buat otak cocok nih, karena ada kalsium,zat gizi, dan protein untuk kesehatan tulang. loh, trus apa hubungannya tulang sama otak? yaiyalah, lo gak mau kan waktu ujian tulang lo encok karena patah tulang.. wkwkwkw :P

tips: karena kalau kebanyakan makan keju bisa enek, tambahin aja sama roti atau kue-kue. :D


4. Air mineral
kalian tahukan kalau sebagian dari otak itu, 80% terkandung air. nah jadi sering-sering lah minum air mineral. :D

Tips: setiap hari bawa 1 botol air 1 liter aja. dijamin badan kamu bisa segar lagi dan terhindar dari dehidrasi.


5.Susu
kalau ini pasti kalian selalu meminumnya sebelum berangkat sekolah kan. nah di dalam susu ini terkandung kalsium yang bisa membuat otak kita lebih cepat mengingatnya. jadi ayo minum susu setiap hari..

Tips: pilih susu yang tinggi kalsium. tahu dong kenapa kita gak usah cari yang manis-manis.. hehehe :P


6.Yoghurt
sama saja kasiatnya dengan susu, tetapi karena ada bakteri baik disini, jadi pas dengan pencernaan kita. terus banyak banget rasanya sehingga kita tidak bosan dengan rasa yang itu-itu mulu

Tips: yoghurt diminum setelah kita makan-makanan berat. terus bisa juga dimakan bersama buah-buahan segar atau toping lain (ingat kan tips buat buah-buahan :D)


nah itu dia makanan dan minuman yang cocok buat otak kita. so ikuti tips dari gw dan mudah-mudahan ujian kita dapet dengan nilai sempurna. dan jangan lupa belajar dengan rajin.

good bye
salam Rysha Septi ^^

1 komentar:

  1. selain yg di atas menu jus buah yg buat otak rileks and seger ada g.... karna klo ibu "RT" seperti sy stress sdh mencari uang, sekolah, pokoknya ngurusin smuanya deh, sampai klo ngeluh aja bingung semuanya pada kerasa yg sakit, bagaimana solusinya ????

    BalasHapus